Saturday, 8 March 2014

TENTANG BANDARA MOPAH MERAUKE

Sebagai satu-satunya Airlines yang tetap mempertahankan komitmen membangun tanah Papua sejak beroperasinya PT. Merpati Nusantara tahun 1962 hingga sekarang, maka seiring dengan perkembangan pemekaran wilayah Papua dan Kabupaten Merauke tentunya Merpati selalu mendukung program tersebut.


Jaringan penerbangan Merpati khususnya di Merauke merupakan sarana vital yang telah dinikmati oleh masyarakat didaerah ini, baik intra Merauke maupun keluar Merauke. Jasa-jasa pesawat jenis Twin Otter/Boeing 737-200/Boeing 737/300/ merupakan bukti nyata pelayanan Merpati terhadap kebutuhan masyarakat dan kemajuan daerah ini.

Hubungan kekeluargaan antara Merpati dan masyarakat serta Pemerintah di daerah ini membuat Pemerintah Kabupaten Merauke mempercayakan Merpati untuk melayani masyarakat sehubungan dengan pemekaran wilayah Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi, Boven Digoel dalam bentuk kerjasama operasional jenis Pesawat Twin Otter DHC – 6 PK-NPA/Musamus pada bulan Mei 2004 dan pada Tahun 2006 telah di KSO kan antara Pemerintah Daerah dan Pihak Merpati untuk mengoperasikan pesawat Boing 737 seri 300 yang diberi nama KLI dengan rute penerbangan Merauke-Jayapura-Timika-Makasar-Surabaya dan Jakarta setiap hari, sehingga dapat mengatasi kepadatan penumpang yang dan akan berangkat ke Merauke.

Kedepan, guna untuk pengembangan jaringan penerbangan, penerbangan dari dan ke Merauke direncanakan penambahan pesawat Boing 737-300 dilakukan kerjasama operasional antara Pemerintah Kabupaten Merauke dengan PT. Merpati Nusantara.
Dari data-data kwalitatif yang kami kemukakan diatas, maka dalam rangka pengembangan jaringan penerbangan Kabupaten Merauke disajikan data – data sebagai berikut :

    Jenis Pesawat Boeing 737 Nomor Penerbangan MZ 752 setiap hari ke Merauke.
    Route : Jakarta – Manado – Biak – Jayapura – Merauke.
    Jenis Pesawat Boeing 737 Nomor Penerbangan MZ 771 setiap hari dari Merauke.
    Route : Merauke – Jayapura – connecting ke Biak, Manado, Manokwari, Sorong - Merauke – Timika
    Merauke – Makassar connecting Surabaya, Yogyakarta, Kendari, Balikpapan, Bandung, Palu, Kupang, Denpasar, Merauke – Jayapura.
    Jenis Pesawat Twin Otter DHC – 6 dengan registrasi PK NVA/Musamus kerjasama Operasional Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke dengan PT. Merpati Nusantara. Penerbangan Komersial dengan Route :
        Merauke - Ewer - Timika
        Ewerh - Merauke 4X Flight per minggu
        Meraukeh - Tanah Merahh - Merauke 7X Flight per minggu
        Meraukeh - Senggoh - Merauke 3X Flight per minggu
        Meraukeh - Badeh - Merauke 2X Flight per minggu
        Meraukeh - Wanamh - Merauke 3X Flight per minggu
        Meraukeh - Kepih - Meraukeh - Jayapura 6X Flight per minggu
        Tanah Merah - Jayapura 1X Flight per minggu (MZ)
    Jenis Pesawat Twin Otter DHC – 6, Penerbangan perintis Merpati tahun anggaran 2006 (Anggaran APBN TA. 2006) dengan Route :
        Merauke - Kimaam - Merauke 1X Flight per minggu
        Merauke – Bomakia – Merauke 1X Flight per minggu
        Merauke – Mindiptana – Merauke 2X Flight per minggu
        Merauke – Okaba – Merauke 2X Flight per minggu
        Merauke – Kamur – Merauke 1X Flight per minggu

Kegiatan di Bandara Mopah Merauke termasuk cukup padat dengan frekuensi penerbangan yang ada.
Jumlah kunjungan pesawat :

    Berangkat : 1.662 Call
    Datang : 1.669 Call

Sedangkan mobilitas penumpang :

    Berangkat : 349.090 Orang
    Datang : 346.274 Orang

Untuk kegiatan bongkar muat barang sebagai berikut :

    Barang Cargo
        Muat : 661.149 Kg
        Bongkar : 418.592 Kg
    Barang Bagasi
        Muat : 576.107 Kg
        Bongkar : 512.540 Kg
    Barang Pos Paket
        Muat : 16.894 Kg
        Bongkar : 23.618 Kg

Untuk penerbangan ke pedalaman / distrik dipergunakan pesawat DHC-6 jenis Twin Otter dan jenis Cessna dari MAF. Frekuensi penerbangan dari Merauke ke pedalaman adalah tujuh kali dalam seminggu, sedangkan untuk MAF dapat dilakukan setiap saat dengan tarif Carter. Dari 11 distrik yang ada di kabupaten merauke hanya terdapat 3 distrik yang dapat di jangkau dengan transportasi udara dengan jenis permukaan landasan yang bervariasi antara lain :

    Distrik Okaba dengan panjang landaan 600 x 18 meter dengan permukaan landasan rumput
    Distrik Kimaam dengan panjang landaan 700 x 18 meter dengan permukaan landasan rumput

0 komentar:

Post a Comment