Wednesday 9 April 2014

Dua Perusahaan Ini Ingin Kelola Pesawat Milik Pemkab Merauke

BCMerauke.com - Dua perusahan tercatat telah menawarkan diri mengelola empat pesawat milik masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke. Tiga di antaranya adalah pesawat boeing dan satunya pesawat twin other yang biasa beroperasi ke daerah pedalaman.

Menurut Ketua Tim Kerjasama Operasional (KSO) Pesawat Milik Pemkab Merauke, Sunarjo, yang juga Wakil Bupati Merauke ini,  perusahan yang telah menawarkan untuk mengelola keempat pesawat itu, yakni Manajemen Trigana Air serta Catayu.

“Tentu pemerintah menyambut baik tawaran itu, hanya saja tak bisa serta merta menerimanya. Sebab masih ada kontrak kerjasama dengan Manajemen PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Apalagi hutang piutang dari PT MNA yang miliaran rupiah belum diselesaikan ke pemerintah,”  katanya saat ditemui tabloidjubi.com, Kamis (3/4).

Selain itu, kata Sunarjo, ada dua unit pesawat boeing milik pemerintah yang kini sedang mengalami gangguan mesin dan karena itu masih sedang dalam proses perbaikan.

“Belum ada suatu pemikiran pemerintah  menerima tawaran dari kedua perusahaan itu. Ya, kita lihat ke depan nanti. Intinya, perlu penyelesaian semua hutang-piutang lebih dulu, termasuk kondisi pesawat harus baik dan siap terbang,” jelas Sunarjo.

Ditambahkannya, pihak Managemen PT MNA tetap bertanggungjawab  melakukan perbaikan terhadap kerusakan mesin yang ada. “Saya baru pulang dari Surabaya dan melihat keadaan pesawat yang ada. Memang satu pesawat boeing layak untuk terbang,” katanya.

Hanya saja, kata Sunarjo, hingga sekarang belum ada keputusan dari pihak manajemen kapan pesawat akan mulai beroperasi kembali.

Sebelumnya, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menegaskan, pihaknya masih melakukan pengkajian, termasuk mendengar laporan dari Tim KSO, terkait pembicaraan dengan PT MNA.

Pihaknya juga masih melakukan pembicaraan kembali bersama dewan. Jika sudah ada hasilnya, maka pemerintah akan mengambil langkah tepat. (Jubi/Frans L Kobun)

0 komentar:

Post a Comment