Wednesday 9 April 2014

Sunarjo: Perencanaan Kerja Jangan Dilakukan Di Tengah Jalan

BCMerauke.com - Wakil Bupati Merauke, Sunarjo menegaskan, perencanaan setiap program kerja, tak boleh dilakukan di tengah jalan. Tetapi harus melalui berbagai tahapan dari awal.

“Sehingga program yang disusun dan atau dijalankan, sesuai dengan harapan, serta keinginan masyarakat yang tersebar di 160 kampung,” kata Sunarjo saat  memberikan sambutan di pembukaan Musrenbang tingkat kabupaten di Aula Bela Fiesta, Merauke, Kamis (3/4).

Dikatakan Sunarjo, setiap kegiatan yang dijalankan juga, harus mengacu kepada beberapa program prioritas seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta ekonomi kerakyatan.

Lebih lanjut Sunarjo menjelaskan, melalui kegiatan Musrenbang, perlu adanya sharing yang dilakukan dengan semua stakeholder terkait setiap program kerja. “Jika pada tahun-tahun sebelumnya, program kerja yang ada belum diakomodir, maka dapat dibawa kembali dalam Musrenbang agar diberikan prioritas untuk pembahasan lebih lanjut,” katanya.

Kegiatan Musrenbang yang berlangsung sehari itu, kata Sunarjo, tidak hanya dihadiri para pejabat dari setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Tetapi juga perwakilan dari semua komponen ikut hadir. Sehingga diharapkan akhir dari kegiatan dimaksud, dapat menghasilkan berbagai program kerja nanti.

Dalam kesempatan itu, Sunarjo mengharapkan kepada semua SKPD agar memiliki data base yang lengkap mulai dari jumlah penduduk, luas lahan pertanian serta data-data pendukung lain. Sehingga ketika melangkah dalam membuat suatu program kerja, benar-benar sesuai dengan kebutuhan riil di setiap kampung.

Ketua Panitia Musrenbang, Yakobus Tunai dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari. Musrenbang itu, untuk persiapan penyusunan program kerja pada tahun 2015 mendatang. Sehingga semua komponen yang hadir, agar dapat menyampaikan berbagai program kerja guna dimasukan dalam agenda untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut. (Jubi/Frans L Kobun)

0 komentar:

Post a Comment