Thursday 17 April 2014

Sriwijaya Air Fokuskan Perhatian di Pasar Papua

BCMerauke.com - Managemen maskapai Sriwijaya Air memberikan fokus perhatian terhadap pasar di Papua. "Sebab jumlah penumpang dari waktu ke waktu dengan tujuan Makassar, Surabaya, Jakarta serta beberapa daerah lain, mengalami peningkatan,” kata Comercial Director Sriwijaya Air, Toto Nursatyo kepada sejumlah wartawan di Bandara Mopah-Merauke, Rabu (16/4).

“Memang kami memberikan fokus perhatian lebih besar kepada penerbangan ke Papua. Karena pasca tidak beroperasinya Pesawat Merpati, maka jumlah penumpang yang menggunakan jasa Sriwijaya Air, terus mengalami peningkatan jumlah penumpang dari waktu ke waktu,” tambah Toto.

Beberapa rute yang telah dibuka untuk wilayah Papua, demikian Toto, adalah  Jayapura, Manokwari, Sorong, Timika serta Merauke. Kedepan, beberapa daerah lain akan tetap dimasuki Pesawat Sriwijaya Air. “Kita juga membuat akses lebih banyak terutama dari Papua menuju Makassar. Karena Makassar sebagai indikator dan penyebaran penumpang ke daerah lain di wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Diakui jika jumlah pesawat yang dioperasikan ke Papua sekarang berkisar antara enam sampai tujuh unit untuk melayani beberapa daerah tersebut. Bahkan, sekarang ini, telah dibuka penerbangan Merauke-Makassar langsung. Tidak harus menyinggahi Jayapura lagi.

“Memang kami masih melakukan ujicoba untuk pengoperasian yang dilakukan tiga kali dalam seminggu. Penerbangan sudah mulai dan semalam kami dari Makassar terbang langsung ke Merauke dengan jumlah penumpang 74 orang. Saat kembali ini, penumpangnya mengalami peningkatan hingga 118 orang,” tuturnya .

Pesawat yang digunakan, lanjut Toto, seri 737 500. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jika pasar mengalami perkembangan, jenis pesawat yang digunakan lebih besar lagi dengan seri 737 800. Dan, itu dapat dioperasikan setiap hari.

Direktur PT Megatama yang juga merupakan agen tiket, Ali Syahbana  ketika dimintai komentarnya mengatakan, langkah yang dilakukan Managemen Sriwijaya Air dengan membuka rute penerbangan dari Merauke langsung Makassar adalah sesuatu hal yang sangat positif.

“Saya kira ini adalah terobosan besar dan pasti banyak orang akan menggunakan jasa penerbangan tersebut dari Merauke-Makassar. Dulu kan Merpati biasa terbang langsung Merauke-Makassar. Tetapi setelah tidak beroperasi, maka rute dimaksud tidak terlayani,” katanya. (Jubi/Frans L Kobun)

1 komentar:

  1. penerbangan makkasar - merauke memg harus pke seri 737-800 aplg klo penumpang mngalami pelonjakan bgitu :)
    smoga merauke smakin berkembang Izakod Bekai Izakod Kai

    ReplyDelete