Sunday 16 March 2014

Pemerintah Harus Bina Rakyatnya Untuk Mandiri

BCMerauke.com - Pemerintah harus membina rakyatnya untuk berkembang dan mandiri sehingga tidak selamanya masyarakat harus menggantungkan hidupnya kepada pemerintah. Sebab pemerintah telah menyediakan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar masyarakat berjuang dan berupaya berkembang maju.

Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT saat bertatap muka dengan masyarakat Distrik Muting, Distrik Ulilin dan Distrik Eligobel yang dipusatkan di Ulilin, Sabtu (8/3/2014).

Dia menghimbau masyarakat bekerja supaya hidpnya lebih maju. Siapapun, ujar dia, termasuk pemerintah tetap tergantung hidupnya pada diri sendiri.

Kata Bupati, melalui program Gerakan Pembangunan Kampung (Gerbangku) pemerintah turunkan uang sampai di Kampung-Kampung kurang lebih Rp.1 milyar per kampung tujuannya untuk mendorong masyarakat untuk berkembang maju. Dengan uang yang telah diprogramkan itu mendorong masyarakat untuk menrencanakan program kerja yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan hidup.

“Intinya masyarakat tidak malas sebab tidaklah mungkin pemerintah harus bawa makanan untuk beri makan masyarakat. Tetapi dengan program bagaimana pemerintah bisa menghidupkan masyarakatnya,” tambahnya.

Diakuinya, pendidikan masyarakat pun pemerintah fasilitasi supaya masyarakat mengetahui Agar masyarakat mengetahui bahwa seruluh anak asli Papua anak Marind pemerintah daerah membiayai pendidikannya baik yang sekolah di Indonesia maupun di Luar Negeri.

Tahun lalu, tutur Bupati, pemerintah daerah mengirim 9 anak asli Merauke anaka Marind untuk kulia di Jerman dan sementara berjalan. Tahun ini akan direkrut pula 15 orang anak Marind 5 ke Amerika dan 10 ke Jerma. Semua anak Asli Merauke anak Marind yang kulian di Merauke maupun yang kulian di kota-kota studi yang ada di Indonesia pemerintah daerah tanggung biaya studinya.

“Tetapi peranan orang tua pun harus tetap berjalan sebab pemerintah membiayai studi tidak membiayai jajan anak. Sebab itu caranya pemerintah membina rakyatnya untuk mandiri. Ketika rakyat minta 1000 pemerintah harus kasih 500 tidak boleh pemerintah kasih 1000 supaya dengan 500 itu masyarakat berusaha sendiri sehingga rakyat itu akan mandiri berdiri diatas kaki sendiri. Itu caranya pemerintah membina rakyatnya untuk mandiri dan tidak selamanya harus bergantung pada pemerintah,” ujar Bupati Romanus.(D/ERN/r4. SULPA)

0 komentar:

Post a Comment