Monday 31 March 2014

Rawa Biru Bakal Berhenti Pasok Air di Merauke

BCMerauke.com - Kordinator WWF Indonesia Merauke, Paschalina Rehawarin, Jumat (27/3/2014), mengatakan, beberapa penelitian ekologi mengungkapkan bahwa rawa biru yang saat ini menjadi sumber air di Merauke lama kelamaan akan menjadi hutan kayu bus.

Katanya, penelitian tahun 60 panjang rawa biru sekitar 20 km dan penelitian kembali dilakukan tahun 2003 panjang rawa biru sisa sekitar 7 km. Hasil penelitian itu terjadi penutupan badan air dari tahun ke tahun. Penutupan badan air itu disebabkan tumbuhan angguana, rumput pisau dan rumput beri-beri tumbuh di air rawa biru, lama-lama tumbuhan tersebut menutupi badan air lalu tumbuh pohon bus sehingga air kering dan menjadi hutan bus.

Dikatakan, hasil penelitian telah direkomendasikan kepada pemerintah daerah agar rawa biru setiap tahun terutama pada musim hujan harus dibersihkan dari tumbuhan yang mengancam menutup badan air tersebut agar rawa biru yang menjadi sumber air bersih bagi Merauke ini terlestari.

Menurutnya, jika tidak dibersikan maka ancaman lama kelamahan rawa biru akan menjadi hutan dan Kabupaten Merauke akan kehilangan sumber air bersih. Sebab air bawah tanah di Merauke tidak bisa diharapkan lagi karena hasil penilitian 50 persen air bawah tanah di Merauke bukan lagi air tawar tetapi sudah tercampur air asing.

Dia mengharapkan, mudah-mudahan ancaman rawa biru ini menjadi perhatian serius pemerintah serta semua pihak yang ada di Kabupaten Merauke sehingga rawa biru tetap terlestari dan menjadi sumber air bersi Kabupaten Merauke turun-temurun sampai anak cucu selanjutnya.(SULPA)

0 komentar:

Post a Comment