Monday 24 March 2014

100 Unit Rumah Warga Merauke Tak Layak Huni

BCMerauke.com - Salah satu permasalahan serius yang terjadi di Kelurahan Mandala, Distrik Merauke adalah perumahan penduduk sekitar 100 yang ditempati masyarakat Mappi dan Asmat  yang tidak layak huni. “Bahkan, mereka menumpang di atas lahan orang lain,” kata Lurah Mandala, Arnoldus Rudolf ketika ditemui di Bela Fiesta, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (20/3).

Anoldus mengatakan,  pihaknya sudah menyampaikan secara langsung kepada Bupati Merauke, Romanus Mbaraka terkait keberadaan dari masyarakat tersebut dan sedang dicarikan lokasi tepat untuk dilakukan relokasi.

“Memang mereka sudah lama tinggal di atas lahan tersebut. Namun, yang menjadi persoalan adalah itu bukan tanah miliknya. Sehingga harus dicarikan tempat baru sekaligus dibangun perumahan agar mereka dapat menempati,” kata Arnoldus.

Dalam kegiatan Musrenbang ini, kata Arnoldus, pihaknya mengusulkan juga untuk dilakukan relokasi. Mudah-mudahan, dapat diresponi dengan baik oleh pemerintah.

“Kami akan terus menerus membangun komunikasi dengan masyarakat dari dua lokasi dimaksud. Sehingga jika suatu saat telah disiapkan lahan, mereka bisa pindah,” tandasnya.

Usulan lain yang disampaikan, lanjut Arnoldus, bantuan dana bagi Mama-Mama Papua yang sedang berjualan sayur kangkung maupun kepiting di beberapa titik. Salah satu permasalahan yang dialami dan dirasakan adalah kekurangan modal. “Olehnya, pihak kelurahan tetap mengusulkan agar dapat diresponi  pemerintah,” katanya.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Merauke, Jakobus Tunai mengaku, pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap kampung dan kelurahan mengusulkan berbagai program. Dari program yang diusulkan, tentunya ada prioritas untuk dijalankan dan atau dilaksanakan. (Jubi/Frans L Kobun)

0 komentar:

Post a Comment